Sedekah Air Bersih

Sedekah Air Bersih

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Suatu saat ada seorang laki-laki berjalan dan di tengah-tengah perjalanan ia mengalami kehausan. Kemudian, ia mendapatkan sebuah sumur, lalu turun ke dalamnya dan minum darinya. Lantas ia keluar dan tiba-tiba ada seekor anjing yang menjulur-julurkan lidahnya menjilat-jilat tanah karena kehausan, lalu orang itu berkata, ‘Anjing ini benar-benar telah kehausan seperti saya tadi juga kehausan.

Ia pun turun ke sumur lagi dan mengisi sepatunya dengan air sampai penuh. Kemudian, ia menggigit sepatunya sehingga ia naik ke atas dan memberi minum anjing itu. Allah pun memuji perbuatan orang itu dan mengampuni dosanya.” 

Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kalau kita menolong binatang juga mendapatkan pahala?” Beliau menjawab, “Menolong setiap makhluk yang mempunyai limpa yang segar itu mendatangkan pahala.”

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dikatakan, “Kemudian Allah memuji perbuatan orang itu dan memberi ampunan kepadanya serta memasukkannya ke dalam surga.” (Muttafaq ‘Alaih)

Dalam suatu kesempatan, Saad bin Ubadah RA bertanya kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Memberi air.” (Shahih Abu Daud).…

 

Di Indonesia masih terdapat daerah-daerah yang apabila datang musim kemarau yang berkepanjangan, maka akan terjadi musibah kekeringan. Sumber-sumber mata air menyusut, kemudia mengering. Selanjutnya, akan menyusul musibah kemanusiaaan dan turunan keadaan kebencanaanya. Tercatat BMKG membagi daerah-daerah tersebut kategori waspada, awas dan siaga.

Terlebih karena air adalah permulaan tumbuhnya kehidupan. Tidak saja manfaatnya dibutuhkan oleh manusia, tetapi seluruh makhluk hidup membutuhkannya. Air untuk kebutuhan hidup sehari-hari dan bersuci untuk kebutuhan ibadah. Oleh karenanya, Lazisna memandang penting program Sedekah Air.

Pengelolaan:

  1. Dana terhimpun untuk pengadaan sumur-sumur air minum dan tempat wudhu.

  2. Penyaluran air bersih didaerah-daerah kebencanaan.

  3. Penyaluran air bersih untuk kegiatan-kegiatan dakwah.

 

Sumbangsih anda untuk bangun sumber-sumber air bersih, berarti Anda turut andil merawat keberlangsungan kehidupan.