Universitas Tertua didanai dengan Wakaf


Tahukah kamu universitas tertua didunia adalah universitas yang menggunakan sistem wakaf.

Universitas ini bersama Universitas Qarawiyyin. UNESCO dan Guinness World Records mengkonfirmasi bahwa Universitas Qarawiyyin adalah universitas tertua. Terdapat beberapa fakta menarik dari Universitas tertua ini. Universitas ini berada didaerah Maroko, sangat tidak disangka lahirnya Universitas tertua ini malahan bukan dari daerah Eropa, yang biasa kita tahu lahir banyak ilmuwan dari benua tersebut.


1. Didirikan oleh seorang perempuan

Perempuan ini bernama Fatima Al Fihri pada 859. putri seorang pedagang kaya bernama Muhammad Al-Fihri. Keluarga Al-Fihri telah bermigrasi dari Kairouan pada awal abad ke-9 dan bergabung dengan komunitas pendatang lainnya dari Kairouan yang telah menetap di sebuah distrik barat kota.


2. Di danai dengan dana wakaf

Masjid, Rumah sakit, dan Universitas Qarawiyyin diberikan donasi dengan dana wakaf oleh keluarga Al Fihri. Sehingga universitas, rumah sakit dapat beroperasi sampai sekarang. Layaknya tempat belajar, Universitas Al-Qarawiyyin masih befungsi sampai saat ini sebagai tempat belajar dan beribadah. Dilansir dari detik.com, bahwa saat ini bangunan universitas masih berdiri dan memiliki dwi fungsi yaitu sebagai tempat belajar dan tempat beribadah atau sebagai masjid.


3. Banyak Terlahirnya Ilmuwan hebat

Fatima Al Fihri mengawasi langsung pembangunan universitas ini, Dia juga menghabiskan seluruh kekayaan dan waktunya untuk menyelesaikan mega proyek tersebut. Dengan kerja kerasnya pada waktu itu, akhirnya kampus ini akhirnya menghasilkan pemikir-pemikir besar seperti Abu Al-Abbas, Muhammad Al-Faso, dan Leo Africanus seorang musafir dan penulis terkenal. Nama-nama terkemuka lainnya yang terkait dengan kampus ini termasuk Ibn Al-Arabi, Ibnu Khaldun dan Al-Bitruji (Alpetragius).


Dari beberapa fakta tersebut kita dapat mengetahui bahwa, Wakaf sangat efektif dalam menghidupkan banyak sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan. Tetap berjalannya universitas Qarawiyyin adalah salah satu hasil dari Wakaf. Kebermanfaatannya dapat selalu dirasakan setiap orang bahkan pahalanya pun dapat mengalir tersebut kepada orang yang memberikan wakaf tersebut walaupun sudah meninggal.



15 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua