Menuju Sertifikasi Lembaga Amil Zakat Tingkat Kota & Provinsi

Refleksi Lazisna Tahun 2020


Sejak 3 hari lalu, tepatnya dimulai pada hari senin, 7 Desember 2020, Lembaga Amil Zakat Ibnu Sina memulai rangkaian kegiatan evaluasi dan laporan kinerja selama tahun 2020. Kegiatan tahunan ini secara rutin dilaksanakan dalam rangka untuk memenuhi standar-standar profesionalitas pelayanan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban Lazisna kepada muzakki dan donator umumnya.


Tentu masih jauh dari kesempurnaan. Hari demi hari Lazisna giat berupaya memperbaiki kinerja organisasi, terus menerus. Guna menjaga dan meraih semakin banyak lagi kepercayaan dari anda. Sebab itulah fungsi amil zakat. Kami menjembatani tetap tersembunyinya kebaikan-kebaikan anda guna memperbanyak jumlah mustahik yang terbantukan. Amil zakat adalah bagian dari mustahik yang memiliki tugas untuk memastikan hak-hak 7 kelompok asnaf lainnya, yang tidak dapat berusaha, terbatas kemampuan dan membuka jalan-jalan kemandirian.


Kita memaklumi keadaan yang sama-sama dialami bangsa ini di setahun terakhir, bencana wabah covid-19 yang berkepanjangan. Yakin dan bergantunglah kepada Allah Swt. Berharap tiada putus kepadaNya semoga Allah Swt memberikan kekuatan dan jalan keluarnya agar keadaan segera membaik.


Menggerakkan roda pelayanan dan penerimaan zakat serta penyalurannya dimasa pandemic ini, mendorong Lembaga menyikapi keadaan dengan positif, beradaptasi menyesuaikan diri. Lazisna mengedepankan keselamatan dan kebaikan bagi semua pihak, Muzakki, Amil Zakat dan Mustahik.


Protokol kesehatan harus disiplin diterapkan. Pertama, penyaluran bantuan dilakukan langsung door to door. Kedua, Penerima manfaat diundang kekantor atau lokasi yang ditentukan, datang – absensi – ambil – langsung pulang. Tidak berkerumun – tidak mengantri. Ketiga, saat PSBB transisi ditetapkan kegiatan kami lakukan secara tatap muka dengan pembatasan peserta sebagai perwakilan. Seperti saat kami meyalurkan program Peduli 1000 Yatim & Dhuafa. Dengan sigap acara dibuatkan alur jalan dan jarak, cek suhu dan mencuci tangan. Dari sedekah dan bantuan donator, anak-anak dibantu kebersihan jasmaninya dengan bercukur, bingkisan hadiah dan paket data internet untuk belajar dengan cepat berpindah tangan.


Kami mempercepat persiapan dan kesiapan digital marketing, website dan social media sebagai yang terdepan menjangkau seluruh khalayak. Itulah kami mohon dimaklumi, jikalau info ataupun poster digital program kami berseliweran di timeline social media dan whatsapp anda, para muzakki dan donator yang budiman. Adapun bila berkenan, mohon meneruskan informasinya kepada kerabat terkasih dan teman-teman terdekat. Sehingga kebaikan tersebut akan terus bergulir.


Ajakan, himbauan berzakat dan bersedekah dari kami adalah kasih sayang antara sesame muslim. Sebagai pengingat dan alarm kebaikan yang harus menyala disetiap waktu dan kesempatan. Karena sesungguhnya perilaku berbagi dan peduli adalah Nasehat Baginda Nabi Muhammad Saw, hikmah umat muslimin, jatidiri umat Islam dan life style seorang mukmin.


Pada masal awal pandemic corona, Lazisna berinisiatif untuk menjalankan program yang dapat memicu kemandirian semua para penerima manfaat. Dana zakat, infaq dan sedekah disalurkan sebagai modal usaha yang kiranya dapat menjadikan mustahik bertahan dalam jangka waktu yang cukup. Seperti, berkerjasama dengan penjual jamu keliling, bakul sayur, warteg, warung kelontong dan kelompok usaha lainnya yang masuk dalam kategori UMKM.


Harapannya agar sumbangsih program Lazisna bersama donator dan kelompok-kelompok bagian dari bangsa ini yang peduli untuk masa depan yang lebih baik, dapat membantu menggerakan roda perekonomian dan membangkitkan semangat, menginspirasi kemandirian kelompok mustahik.


Kegiatan dan rasa kepedulian kita terhadap sesame benar-benar mengalami ujian dimasa ini. Lazisna ingin membagi dan membangun keyakinan diri bersama-sama. Allah SWT berfirman, "Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.Yaitu orang-orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya, dan memaafkan kesalahan orang lain. Dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan." (QS Ali Imran [3]: 134)



Kami memohon dukungan dan doa restu #sahabatkebaikan semua, target kami mendapatkan sertifikasi Lembaga Amil Zakat Tingkat Kota dan selanjutnya, yaitu ketingkat provinsi. Tiada lain dengan niat untuk sebanyak-banyaknya memfasilitasi kebaikan dan menebarkan manfaat kepada lebih banyak lagi sesama. Ingatkan dan nasihati kami. Kenalkan dan rekomendasikan positifnya Lazisna kepada handai taulan. Jadikan Lazisna sebagai pilihan membayar zakat dan menunaikan sedekahnya.


Akhirnya, kewajiban kami Lazisna, untuk mendoakan semua kebaikan kepada Bapak, Ibu, Saudara-I dan kelompok – komunitas kebaikan dimana saja yang telah mempercayakan dan bekerjasama membantu kelompok mustahik.

“Semoga Allah memberikan ganjaran atas apa yang engkau berikan dan memberikan keberkahan atas apa yang engkau sisakan.” (Z)


Lazisna


www.lazisna.org


51 tampilan0 komentar
KANTOR KAMI

Jl. Madrasah II No.9 Jakarta Timur 13440,

Indonesia

telp.png
telp putih.png
email putih.png

(021) 2232 1997

0857 7011 7369 (WhatsApp)

ibnusina.laz@gmail.com

CABANG

SDIT Ibnu Sina Harvest City

Education Center,

Perum Harvest city | Cileungsi

 Follow Us :
1.png
i.png
y.png
T.png

copyright © Lazisna 2019