• Lazisna

Idul Adha Usai Muharram Pun Tiba


Alhamdulillah, tidak terasa kita telah dipenghujung tahun 1443 Hijriyah, Kurang lebih dua pekan lagi bulann Muharram akan tiba yang artinya kita telah berada di awal 1444 Hijriyah.


Bulan Muharram memiliki beberapa keutamaan diantaranya :


1. Bulan Suci

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa." (QS. At Taubah: 36).


Pada zaman dahulu, masyarakat Arab dilarang untuk berperang karena sucinya keempat bulan tersebut. Sebagaimana dalam sebuah hadits dari Abu Bakrah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda:


"Sesungguhnya, zaman berputar sebagaimana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada 12 belas bulan. Di antaranya 4 empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan, yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku Mudhar, antara Jumadil Tsani (Jumadil Akhir) dan Sya'ban." (HR. Bukhari dan Muslim).


2. Bulan Menyantuni Anak Yatim

"Siapa orang yang mengusap kepala anak yatim (menyantuni/menyayangi) pada hari Asyura (10 Muharram), maka Allah akan angkat derajatnya sebanyak rambut anak yatim tersebut yang terusap oleh tangannya" (Hadits ke 212 dari kitab Tanbih al-Ghafilin).


Meskipun menyantuni anak yatim bukan hanya di bulan Muharram, namun dapat menjadi pemicu semangat untuk terus peduli & menyantuni Anak yatim di sepanjang tahun.

{{count, number}} tampilan{{count, number}} komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua