Ayat Al-Quran Tentang Bencana Alam


Di dalam Al-Quran ada banyak sekali ayat-ayat yang berkenaan dengan bencana alam. Allah SWT memberikan banyak peringatan kepada manusia tentang bencana dalam berbagai ayat-ayatnya. Hanya saja, ada banyak jenis bencana yang tersebut dalam Al-Quran berikut tujuan Allah SWT terhadap manusia maupun mengenai penyebabnya.


Di awal tahun 2021, bencana alam 2021 tengah menimpa masyarakat Indonesia. Ada banjir, gunung merapi yang meletus, dan gempa bumi. Peristiwa-peristiwa tersebut tentunya menguji kita semua dan setidaknya melatih kesabaran kita. Selain itu juga kita harus tetap yakin bahwa ada hikmah di setiap peristiwa dan Allah akan memberikan jalan keluarnya.

Untuk itu, mari kita bahas mengenai bencana alam sebagaimana yang telah Allah sampaikan dalam Al-Quran. Berikut adalah beberapa ayat Al-Quran yang membahas tentang bencana di muka bumi.


Bencana Alam Merupakan Ujian


Dalam QS Al-Baqarah ayat 155-157, Allah menyampaikan bahwa salah satu ujian kehidupan manusia di muka bumi adalah berupa bencana atau musibah. Bencana alam salah satu musibah juga yang bisa kita alami.


“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.(155) (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun (seusngguhnya kami milik Allah dan sesunnguhnya kami sedang menuju kemabali kepada-Nya) (156) Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (157)”


Sebagai umat Islam, kita harus yakin bahwa bencana alam bisa diatasi dan Allah SWT akan memberikan jalan keluar dari segala ujian yang kita hadapi. Disini membutuhkan keyakinan, keimanan, dan ketaqwaan yang sangat kuat.


Bencana Karena Ulah Tangan Manusia


Bencana juga bisa terjadi karena ulah tangan manusia. Misalnya saja saat kita menebang pohon sembarangan, membuang sampah atau limbah sembarangan, tidak menjaga keseimbangan alam, hingga menggunakan bahan-bahan kimia yang merusak alam semesta. Untuk itu, bencana alam sangat wajar terjadi jika manusia melakukan hal-hal yang merusak. Misalnya saja banjir, kebakaran hutan, pemanasan global, kekeringan, dsb.

Ayat-ayat Al-Quran yang menyebutkan bahwa bencana bisa terjadi karena ulah tangan manusia adalah dalam dua ayat berikut ini.


1. QS: Ar-Rum: 41


“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”.


2. QS: As-Syuara: 151-152


“Dan janganlah kamu menaati perintah orang-orang yang melampaui batas, yaitu mereka yang berbuat kerusakan di muka bumi dan tidak mengadakan perbaikan.”

Untuk itu, ayat ini memberikan peringatan kepada kita agar senantiasa menjaga alam. Untuk menjaga alam kita harus memahami ilmu pengetahuan tentangnya, memahami sunnatullah mengenai hukum-hukum alam yang telah Allah SWT tetapkan, dan secara konsisten menjalankannya. Menjaga alam dengan penuh kesadaran bukan hawa nafsu apalagi emosi untuk berkuasa semata.


Sebuah Peringatan dan Adzab


Ada banyak sekali ayat-ayat yang berkenaan dengan bencana dan adzab Allah SWT. Hal ini bisa kita pelajari dari beberapa ayat di bawah ini dan berhubungan dengan kisah sejarah ummat terdahulu di masa lalu. Mereka yang dzalim dan masyarakatnya menyekutukan Allah sering kali mendapat peringatan juga adzab yang keras.


Walaupun ada bencana tersebut, sering kali mereka juga tidak sadar dan baru ingin bertaubat saat nyawa sudah di ujung tanduk. Tentu hal tersebut sudah tidak lagi berguna. Berikut adalah ayat-ayat yang berkenaan dengan peringatan dan adzab Allah SWT dengan bentuk bencana.


1. QS: Al-Ankabut: 40


“Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang Kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri”


2. QS: Fussilat: 16


“Kami meniupkan angin (topan) yang amat gemuruh kepada mereka dalam beberapa hari yang sial, karena Kami hendak merasakan kepada mereka itu siksa yang menghinakan dalam kehidupan dunia. Padahal, siksa akhirat lebih menghinakan, sementara mereka tidak diberi pertolongan”


3. QS: Al-A’raf: 130


“Kami telah menghukum (Firaun dan) kaumnya dengan (mendatangkan) musim kemarau yang panjang dan kekurangan buah-buahan, supaya mereka mengambil pelajaran,”


4. QS: An-Nahl: 112


“Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dulunya aman lagi tenteram, rezekinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari nikmat-nikmat Allah. Karena itu, Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat”


Semoga dengan ayat-ayat ini, kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran berharga bahwa bencana alam di bumi sangat memungkinkan terjadi. Yang harus kita lakukan adalah segera berbenah, menyiapkan diri, memperbaiki diri, dan memohon keselamatan hanya kepada Allah SWT. Semoga, kita menjadi semakin beriman dan kuat ketaqwaan kita dengan membaca ayat-ayat ini.

KANTOR KAMI

Jl. Madrasah II No.9 Jakarta Timur 13440,

Indonesia

telp.png
telp putih.png
email putih.png

(021) 2232 1997

0857 7011 7369 (WhatsApp)

ibnusina.laz@gmail.com

CABANG

SDIT Ibnu Sina Harvest City

Education Center,

Perum Harvest city | Cileungsi

 Follow Us :
1.png
i.png
y.png
T.png

copyright © Dery Dwi Hartanto 2019