Kafalah Guru

Kafalah Guru

Sebuah program amal soleh melalui sedekah atau zakat yang kita keluarkan untuk menopang tulang punggung para asatidz agar bisa tetap tegap, bertenanga dan fokus mengajari santri-santri dan membina ummat.

Cukuplah kita bersedekah untuk orang-orang yang terpenjara di jalan Allah, karena waktu mereka lebih difokuskan dan diwakafkan untuk ummat. Harta kita untuk mereka hakikatnya adalah harta kita utuk perbaikan ummat.

Kalaulah tidak ada kontribusi mereka untuk fokus dalam memajukan agama ini, tentu sudah banyak kalangan muda muslim yang hidup sia-sia karena kurangnya orang yang mau mebina mereka. Kalaulah tidak ada peran para ustadz, maka keilmuan para santri tidak akan bertambah dan tidak akan lahir dari generasi ummat ini sampai kapanpun orang-orang yang soleh dan solehah.

Maka sebanarnya kitalah yang butuh kepada mereka, kita butuh perbaikan generasi muslim, kita butuh lahirnya orang-orang yang soleh solehah di masa yang akan datang, dan kita butuh harta kita menajadi berkah di jalan Allah Ta’ala.

Allah Ta’ala berfirman,

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261)”